Fungsi Tulang Telapak Kaki

Telapak Kaki
Telapak Kaki

Tulang telapak kaki memiliki beberapa fungsi penting untuk mendukung pergerakan kaki. Jika terjadi gangguan pada fungsi tulang telapak kaki, seseorang akan sulit beraktivitas dan bahkan tidak mampu berdiri maupun berjalan.

Tulang telapak kaki terbagi menjadi dua bagian, yaitu tulang telapak kaki tengah dan belakang. Di bagian tengah telapak kaki terdapat tulang tarsal yang terdiri dari 5 tulang tidak beraturan, yakni navicular, cuboid, dan 3 tulang cuneiform. Tulang-tulang inilah yang membentuk lengkungan pada telapak kaki.

Sementara itu, tulang telapak kaki bagian belakang mencakup dua jenis tulang, yaitu calcaneus dan talus. Calcaneus disebut juga tulang tumit, sedangkan talus adalah tulang yang menempel pada tulang tungkai bawah, yakni tulang paha dan betis.

Baca Juga :   Kutil di Leher Dapat Menular, Cari Tahu Cara Mengatasinya

Semua tulang telapak kaki bekerja sama dengan tulang tungkai untuk mendukung gerakan, misalnya berdiri dan berjalan. Agar kaki bisa digerakkan dengan normal, fungsi tulang telapak kaki dan tungkai perlu dijaga dengan baik.

Mengenal Fungsi Tulang Telapak Kaki

Berikut ini adalah berbagai fungsi tulang telapak kaki yang penting untuk diketahui:

  1. Menahan beban tubuh

Fungsi utama tulang telapak kaki adalah untuk menahan berat badan agar tubuh bisa berdiri tegak dan bergerak secara normal. Untuk menjalankan fungsinya, tulang telapak kaki juga dibantu dengan tulang-tulang kaki lain, muai dari tulang paha, tulang betis, dan tulang jari kaki.

  1. Menjaga keseimbangan kaki dan tubuh
Baca Juga :   Resep dan Cara Membuat Masker Wajah Alami dengan Mudah

Tulang telapak kaki juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan kaki dan tubuh saat berdiri dan bergerak, seperti berjalan, berlari, atau melompat. Tanpa tulang telapak kaki yang berfungsi normal, tubuh akan kesulitan menjalankan berbagai aktivitas tersebut.

  1. Mendukung pergerakan kaki

Fungsi tulang telapak kaki lainnya adalah untuk mendukung pergerakan kaki. Dengan adanya tulang-tulang ini, kaki bisa bergerak dengan fleksibel dan menjalankan tugasnya dengan maksimal.