Doa Melepas Keberangkatan Haji, Dicontohkan Rasulullah SAW

Umumnya, jemaah haji menggelar walimatus Safar, merupakan acara melepas keberangkatan jemaah haji. Tapi, ada pula sekadar mendapatkan tetamu, sepantasnya silaturahmi umum dan lebih informal.

Baik jemaah yang hendak berangkat maupun sanak saudara disarankan untuk saling mendoakan.

Berikut ini merupakan lafal doa melepas keberangkatan haji. Memberitakannya web NU, ini merupakan doa Rasulullah SAW:

زَوَّدَكَ اللهُ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَيَسَّرَ لَكَ الخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ
Zawwadakallâhut taqwâ, wa ghafara dzanbaka, wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta.

Artinya, “Semoga Allah membekalimu pragmatic play dengan takwa, mengampuni dosamu, dan memudahkanmu dalam jalan kebaikan di mana malahan kau berada.”

Doa Rasulullah Melepas Sahabatnya yang Berangkat Haji

Doa ini dibaca oleh Nabi Muhammad SAW dikala salah seorang teman Rasulullah SAW menyatakan diri untuk mengadakan perjalanan jauh. Doa ini diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dari teman Anas RA berikut ini:

وروينا في كتاب الترمذي، عن أنس رضي الله قال : جاء رجل إلى النبي صلى الله عليه وسلم، فقال: يارسول الله، إني أريد سفرا فزودني، فقال: “زودك الله التقوى”، قال: زدني، قال: “وغفر ذنبك”، قال: زدني، قال: “ويسر لك الخير حيثما كنت” قال الترمذي: حديث حسن
Artinya, “Diriwayatkan terhadap kami pada Kitab At-Tirmidzi, dari Teman Anas RA. Dia bercerita bahwa seseorang mendatangi Rasulullah SAW, ‘Aduhai Rasul, aku hendak berpergian. Karenanya, berikanlah aku bekal,’ kata teman tersebut. ‘Zawwadakallâhut taqwâ,’ kata Rasulullah SAW. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata teman itu. ‘Wa ghafara dzanbaka,’ kata Rasulullah SAW. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata teman itu. ‘Wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta,’ jawab Rasulullah SAW. Imam At-Tirmidzi mengatakan bahwa kwalitas hadits ini hasan,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 187).

Lafal yang bagus ini dapat diaplikasikan oleh masyarakat untuk mendoakan jamaah haji dalam acara walimatus safar. Lafal ini juga dapat diaplikasikan untuk mendoakan jamaah haji yang telah berangkat. Wallahu a’lam.

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.