Dampak Buruk Jika Terlalu Lama di Ruangan Ber-AC

Berada di dalam ruangan ber-AC tentunya lebih nyaman dan membuat kita lebih betah daripada harus berada di luar ruangan yang panas. Tapi tahukah Kamu? Ternyata terlalu sering tinggal di ruangan ber-AC bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kamu loh.

  1. Menurunkan sistem kekebalan tubuh

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa berada di ruang terbukan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh karena sel-sel darah putih yang berfungsi sebagai melawan bakteri membutuhkan oksigen yang cukup untuk bisa bekerja secara efektif.

Sebaliknya, jika lebih sering berada di ruangan ber-AC, tubuh pun akan kekurangan oksigen sehingga sel-sel darah putih tidak bisa bekerja maksimal dalam memerangi bakteri dan virus.

Menurunnya sistem kekebalan tubuh ini tentunya akan membuat tubuh kamu lebih mudah terkena penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

  1. Infeksi pernapasan

Seperti yang diketahui, untuk melindungi tubuh dari bakteri dan kuman yang masuk melalui pernapasan, organ-organ pernapasan seperti hidung dan mulut membutuhkan kelembaban dari selaput lendir.

Jika terlalu sering berada di ruangan ber-AC, selaput lendir yang ada pada hidung pun akan mengering sehingga menurunkan kemampuan hidung dalam menyaring bakteri yang masuk ke tubuh.

Selain itu, sirkulasi udara dalam ruangan ber-AC cenderung tidak lancar sehingga kuman ataupun bakteri akan terperangkap di udara dan kemudian masuk ke tubuh melalui pernapasan.

  1. Merusak kulit
    Kulit kamu kering dan tidak sehat? Hal itu bisa jadi karena kamu sering berada di ruangan ber-AC.

Kulit yang terpapar langsung udara dingin dari AC dalam waktu lama memang bisa menjadi kering dan kehilangan elastisitasnya karena AC dapat merampas kelembaban kulit dan selaput lendir pada kulit.

Untuk menyiasatinya, Kamu bisa menggunakan pelembab kulit yang tinggi akan kandungan moisturizer seperti Body Butter Bali yang berfungsi untuk senantiasa menjaga kelembaban dan elastisitas kulit.

Tidak hanya melembabkan, Body Butter Bali dengan tekstur yang mirip seperti mentega ini juga akan membulat kulit kamu jadi lebih halus dan harum sepanjang hari.

Agar kulit tidak terkena paparan udara dingin dari AC secara langsung, Kamu juga bisa menggunakan pakaian lengan panjang untuk melindungi semua bagian kulit.

Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag . Tandai permalink.