Daftar Klub Paling Berharga di Premier League: MU Teratas, Liverpool Kedua

Daftar Klub Paling Berharga di Premier League: MU Teratas, Liverpool Kedua
Daftar Klub Paling Berharga di Premier League: MU Teratas, Liverpool Kedua

Duo klub terbesar di Inggris yakni Manchester United dan Liverpool menjadi dua klub paling berharga di Premier League, mengalahkan para rivalnya macam Manchester City dan Arsenal.

Man United merupakan salah satu klub tersukses di Inggris. Mereka bersaing dengan Liverpool yang merupakan rival abadinya.

Namun performa MU menurun sejak mereka ditinggal oleh Sir Alex Ferguson. Di sisi lain Liverpool mulai bangkit begitu mereka ditangani oleh Jurgen Klopp pada tahun 2015.

Namun demikian, Man United masih tetap bisa mempertahankan posisinya sebagai klub paling berharga di Inggris. Hal tersebut diketahui dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Sportico.

MU Nomor Satu di Premier League
Menurut studi tersebut, Manchester United merupakan klub paling berharga dengan nilai sebesar 4.8 miliar pounds! Mereka cukup jauh di atas Liverpool.

Baca Juga :   Pengumuman, MU Buka Lowongan Kerja untuk Pemain Depan

The Reds bernilai 3.8 miliar pounds. Sementara itu di posisi ketiga ada klub sultan Manchester City, yang bernilai 3.5 miliar pounds.

Arsenal ada di peringkat empat dengan nilai 2.9 miliar pounds. Sementara itu di posisi kelima ada Chelsea dengan nilai 2.8 miliar pounds.

Newcastle juga masuk posisi 10 besar klub paling berharga di Premier League. Mereka merupakan klub dengan jumlah kenaikan nilai paling besar dari periode tahun 2021 sampai 2023 ini yakni sebessar 63 persen.

Beberapa Besar Klub Paling Bernilai di Premier League

Berikut 10 besar klub paling berharga di Premier League menurut studi Sportico.

  1. Newcastle United: 357 juta pounds
  2. Leicester City: 442 juta pounds
  3. Everton: 486 juta pounds
  4. West Ham United: 539 juta pounds
  5. Tottenham Hotspur: 2.6 miliar pounds
  6. Chelsea: 2.8 miliar pounds
  7. Arsenal: 2.9 miliar pounds
  8. Manchester City: 3.5 miliar pounds
  9. Liverpool: 3.8 miliar pounds
  10. Manchester United: 4.8 miliar pounds
Baca Juga :   Manchester United Kerja Keras untuk Boyong Wout Weghorst

Potensi Penjualan Manchester United

Manchester United sendiri sekarang ini berstatus akan dijual. Keluarga Glazer, pemilik MU, dikabarkan menghargai klub mereka sebesar lima miliar pounds.

Keluarga Glazer sebelumnya angkat bicara soal potensi penjualan MU. Mereka menyatakan siap mengevaluasi semua pilihan yang ada terkait situasi tersebut.

“Kekuatan Manchester United bertumpu pada semangat dan loyalitas komunitas global kami yang terdiri dari 1,1 miliar penggemar dan pengikut. Saat kami berusaha untuk terus membangun sejarah kesuksesan klub, dewan telah mengesahkan evaluasi menyeluruh terhadap alternatif strategis,” kata Avram dan Joel Glazer dalam sebuah pernyataan pada 2022 lalu, via Sportbible.

Baca Juga :   Januari 2023, Timnas U-20 Jalani Pemusatan Latihan Piala Asia-Piala Dunia

“Kami akan mengevaluasi semua opsi untuk memastikan bahwa kami melayani para penggemar kami dengan sebaik-baiknya dan bahwa Manchester United memaksimalkan peluang pertumbuhan signifikan yang tersedia untuk klub saat ini dan di masa depan,” terang mereka.

“Sepanjang proses ini kami akan tetap fokus sepenuhnya untuk melayani kepentingan terbaik para penggemar, pemegang saham, dan berbagai pemangku kepentingan kami,” tandasnya.