Cara Simpel Membuat Yogurt Sendiri di Rumah serta Manfaatnya

Cara Simpel Membuat Yogurt Sendiri di Rumah serta Manfaatnya
Cara Simpel Membuat Yogurt Sendiri di Rumah serta Manfaatnya

Cara Membuat dan Manfaat Yogurt – Yogurt adalah salah satu produk olahan susu yang paling populer saat ini. Kita bisa menemukannya di berbagai supermarket, tempat minum kopi / teh, atau dessert house yang tersedia di sekitar kita. Selain segar dan enak, yogurt juga punya banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, lho! Kamu tertarik membuat yogurt sendiri di rumah? Yuk, ikuti langkah-langkah berikut.

Cara Membuat Yogurt

Membuat yogurt sendiri di rumah sesungguhnya tidak sulit. Kamu hanya perlu menyiapkan ½ cangkir bibit bakteri jenis lactobacillus bulgarius (bisa dibeli di toko yang menjual bahan-bahan kimia) atau yogurt plain (bisa didapatkan di supermarket-supermarket besar), 1 liter susu cair tanpa rasa, panci, sendok, termometer permen, pengaduk, dan kain bersih. Siapkan juga satu wadah dengan tutup dan kulkas.

Baca Juga :   Obat Sakit Perut Melilit Berdasarkan Penyebabnya

Manfaat Yogurt
Nggak cuma sekedar lezat, mengonsumsi minuman sehat satu ini juga baik untuk kesehatan tubuh, lho! Buat kalian yang bertanya-tanya, apa sih manfaat mengonsumsi yogurt, berikut beberapa di antaranya:

  1. Meningkatkan imun tubuh
    Yogurt dengan kandungan probiotik dapat meningkatkan jumlah T limfosit, sel darah putih yang bertugas memerangi kemungkinan peradangan atau infeksi dalam tubuh, sehingga daya tahan tubuhmu menjadi jauh lebih baik.
  2. Memperlancar kerja sistem pencernaan
    Probiotik dalam yogurt juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan bakteri jahat dan bakteri baik dalam tubuh, sehingga sistem pencernaan dapat bekerja secara optimal. Mengonsumsi yogurt baik untuk mengatasi diare, kram perut, juga beragam keluhan yang berkaitan dengan perut dan lambung.
  3. Menggantikan fungsi susu
    Apabila kamu adalah orang yang lactose intolerant, kamu bisa mengganti susu dengan yogurt. Bahkan, bakteri baik yang ada dalam yogurt bisa membuatmu lebih tahan terhadap luktosa.
  4. Menguatkan tulang
    Yogurt adalah minuman kaya kalsium dan laktoferin, protein yang bisa mendorong pertumbuhan sel-sel penguat tulang serta mencegah osteoporosis.
  5. Memperbaiki kondisi kulit wajah
    Coba deh pakai yogurt sebagai face mask minimal 2 kali seminggu! Kandungan lactic acid, zinc, dan vitamin B yang ada dalam yogurt bisa membantu mengeksfoliasi kulit, membuatnya halus dan bercahaya. Yogurt juga bisa membantu memerangi jerawat dan menghilangkan bekas-bekasnya. Campurkan dengan madu, olive oil, atau lemon untuk membuat face mask-nya lebih ampuh.
  6. Membuat rambut tumbuh cepat dan bebas ketombe
    Caranya, campur yogurt dengan olive oil atau minyak urang-aring. Dalam suatu mangkok kecil yang berbeda, campur perasan lemon dan air. keramas rambutmu seperti biasa dengan shampo, keringkan, lalu pakai campuran dari dua mangkok tersebut. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas. Bila kamu melakukannya secara rutin, rambutmu dijamin sehat, berkilau, dan bebas ketombe!
Baca Juga :   Begini Cara Menghilangkan Bekas Kurap