Cara Mengatasi Stres dan Depresi secara Jitu dalam Waktu Singkat

Stres adalah suatu perasaan tertekan yang bisa disebabkan oleh banyak faktor. Pemicu stres banyak bentuknya, seperti load kerja menumpuk, deadline di depan mata, target tidak tercapai, hingga pertengkaran dengan teman atau keluarga.

Hal ini kadang tak dapat dihindari. Yang bisa kamu lakukan hanyalah mengontrol reaksi terhadap rasa stres tersebut dengan melakukan hal-hal menyenangkan.

Nah, berikut adalah beberapa cara menghilangkan stres lewat kegiatan sederhana yang bisa kamu lakukan sehari-hari!

Cara Menghilangkan Stres dan Depresi

  1. Dengarkan Musik
    Nyalakan aplikasi streaming musik andalan dan setel lagu favoritmu keras-keras! Mendengarkan musik bisa jadi salah satu cara menghilangkan stres yang ampuh.

Bila ingin suasana hati jadi lebih tenang, coba dengarkan lagu-lagu klasik ala Chopin, Beethoven, dan Bach.

If classical music is not your thing, cari playlists bertema stress reliever alias pelepas penaat yang banyak ada di mana-mana.

  1. Makanan Enak
    Makan enak adalah cara cepat untuk bahagia! Kalau lagi stres, coba istirahat sejenak lalu pesan makanan kesukaan lewat delivery order. Kamu juga bisa beli langsung makanan-makanan diidam-idamkan.

Panacotta, cheesecake, spaghetti aglio olio, chocolate candy, oreo, telor gulung, atau mie ayam dekat rumah. Apa makanan favoritmu?

  1. Lilin Aromaterapi
    Menghilangkan stres juga dapat dilakukan dengan menyalakan lilin aromaterapi. Varian wanginya sangat beragam dan bisa dipilih sesuai selera, seperti lavender, vanilla, jasmine, cokelat, dan lain-lain.

Setelah menyalakan selama beberapa menit, badanmu akan terasa lebih relax, pikiran pun jauh lebih tenang.

  1. Mandi Air Hangat
    Lelah karena seharian bekerja di kantor bisa jadi pemicu stres. Otak ngebul, badan pegal-pegal, rasanya tidak semangat, deh! Hilangkan kelesuanmu dengan mandi air hangat di malam hari sebelum tidur.

Kamu bisa tambahkan essential oils atau garam epsom supaya badan terasa lebih baik. Setelahnya, minum susu lalu tidur cepat. Niscaya rasa stres itu akan pergi jauh-jauh!

  1. Menangis
    Menangis juga bisa jadi cara ampuh untuk melepas penat dan suntuk, lho. Kalau kita terlalu lama menahan perasaan, rasa stres pasti akan muncul.

Jangan sungkan untuk memisahkan diri sejenak lalu ambil waktu untuk merilis semua unek-unek dengan menangis. Alternatif lain adalah kamu bisa ceritakan masalahmu pada teman.

Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag , . Tandai permalink.