Cara Mengatasi dan Melegakan Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat memang sangat meresahkan. Kondisi ini membuat penderita sulit bernapas sehingga aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

Apalagi saat malam sebelum tidur. Karena hidung tersumbat, posisi ketika tidur harus sering diubah dari kanan ke kiri, begitu seterusnya. Hal tersebut dilakukan hanya untuk membuat kualitas tidur menjadi nyaman dan nyenyak.

Hidung tersumbat dapat terjadi karena jaringan di dalam hidung terganggu yang disebabkan iritasi akibat menghirup polusi udara, baik dari asap kendaraan atau pajanan asap rokok. Lantas, bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat

Ada berbagai cara untuk mengobati dan mengatasi hidung tersumbat. Untuk mencegah risiko hidung tersumbatmu semakin parah, yuk simak cara mengatasinya melalui artikel di bawah ini!

  1. Makan Sesuatu yang Pedas

Capsaicin adalah senyawa kimia yang ditemukan dalam cabai. Senyawa ini memiliki efek yang bisa mengencerkan lendir pada hidung. Hal ini tentu mampu meredakan hidung tersumbatmu. Sapsaicin juga merangsang sekresi lendir, yang bisa membuat ingusmu meler. Namun, kamu juga harus tetap hati-hati. Hindari makanan pedas jika kamu merasakan efek sakit perut.

  1. Konsumsi Pereda Tenggorokkan (Menthol)

Meskipun menthol tidak benar-benar meredakan hidung tersumbat, hal tersebut bisa membuat pernapasan terasa lebih mudah. Menthol yang kamu konsumsi mampu menciptakan sensasi lega yang bisa kamu rasakan di hidung. Selain itu, menthol juga dapat meredakan batuk dan sakit tenggorokkan tanpa efek samping sedikit pun.

  1. Mandi Air Panas

Mandi air panas juga dapat memberikan bantuan sementara dari hidung tersumbat. Mandi air panas dapat membantu dalam proses mengencerkan lendir pada hidung yang tersumbat. Gunakan pancuran pada suhu panas tetapi tetap nyaman di kamu. Pastikan untuk menutup pintu kamar mandi agar uap dapat terkumpul. Setelah uap terkumpul, tarik napas dalam-dalam beberapa kali untuk meredakan hidung tersumbat kamu.

  1. Minum Antihistamin

Banyak faktor yang menyebabkan hidung tersumbat, salah satunya adalah gejala alergi. Untuk kamu yang merasa hidung mampet karena alergi, cobalah mengonsumsi obat antihistamin. Obat ini mampu meredakan gejala alergi. Dalam artian, ketika mengonsumsi obat antihistamin, keluhan hidung tersumbat yang merupakan gejala alergi pun bisa dikurangi. Namun, antihistamin memiliki efek samping yaitu mengantuk. Jadi, sebaiknya kamu mengonsumsi di saat kamu benar-benar sedang istirahat.

  1. Rajin Buang Ingus

Cegah penumpukan ingus dengan rajin membuangnya, hal ini penting dilakukan secara teratur agar hidung tidak tersumbat. Namun jangan terlalu mendorong terlalu keras karena akan berakibat fatal dan dapat membawa kuman sampai ke telinga. Cara terbaiknya yaitu, tutup hidung dengan jari di salah satu lubang lalu dorong dengan pelan-pelan, hingga ingus keluar dari lubang satunya.

Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag . Tandai permalink.