Cara Mencegah Penyakit Demam Berdarah dengan Mudah

Cara Mencegah Penyakit Demam Berdarah dengan Mudah
Cara Mencegah Penyakit Demam Berdarah dengan Mudah

Cara Mencegah Demam Berdarah – Demam berdarah merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja. Penyakit yang cukup berbahaya ini disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti yang menyebarkan virus ke dalam tubuh manusia. Penyakit demam berdarah dapat berakibat fatal jika tidak segera ditangai dengan tepat, bahkan penyakit ini bisa membuat penderitanya berujung pada kematian.

Untuk mencegah demam berdarah, kamu bisa melakukan hal-hal yang sebenarnya sederhana di lingkungan rumah kamu sendiri. Berikut cara mencegah demam berdarah yang wajib kamu lakukan untuk menghindari penyakit berbahaya ini.

Cara Mencegah Demam Berdarah

Baca Juga :   Tumor Rahang: Penyebab, Gejala, Jenis, dan Penanganannya

Jangan Terlalu Lama Menyimpan Air
Wadah yang berisikan air dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk aedes aegypti yang merupakan penyebab penyakit demam berdarah. Bersihkan bak di kamar mandi secara rutin dan buang air pada ember jika tidak diperlukan lagi. Jika hendak menyimpan air pada wadah dalam waktu lama, gunakan penutup untuk wadah tersebut.

Obat Anti Nyamuk
Kamu bisa menggunakan lotion anti nyamuk untuk melindungimu sepanjang hari. Gunakan lotion anti nyamuk pada pagi dan malam hari, agar kamu terlindung secara lebih efektif. Selain itu, coba manfaatkan obat anti nyamuk semprot untuk mengusir nyamuk dari ruangan di rumah.

Baca Juga :   Inilah Alasan Mengapa Anda Buang Air Kecil Terus

Pakaian Lengan Panjang
Meskipun sudah menggunakan lotion anti nyamuk, untuk mencegah demam berdarah kamu juga bisa menggunakan pakaian yang menutup tubuh agar terhindar dari gigitan nyamuk. Gunakan kaos lengan panjang dan celana panjang untuk menghindarinya.

Pasang Kasa Nyamuk
Pasang kasa nyamuk pada setiap jendela dan pintu rumah untuk menghindari masuknya nyamuk aedes aegypti yang berasal dari luar rumah. Kasa Nyamuk memiliki lubang sangat kecil sehingga tidak bisa dilewati oleh nyamuk.

Hindari Menggantung Pakaian Terlalu Lama
Jika kamu menyimpan pakaian menggunakan gantungan, sebaiknya kamu berhenti melakukan hal tersebut, apalagi jika tidak menyimpannya di dalam lemari. Pakaian yang menumpuk merupakan tempat yang suka dihinggapi nyamuk, karena nyamuk menyukai aroma tubuh manusia. Jika ingin menyimpan pakaian dalam waktu lama, sebaiknya simpan pakaian pada lemari yang bersih dan tertutup.

Baca Juga :   Inilah Perbedaan Sirloin dan Tenderloin

Selalu Menjaga Kebersihan Rumah
Bersihkan tempat sampah pada rumahmu untuk mencegah demam berdarah. Bersihkan setidaknya seminggu sekali. Jaga juga kebersihkan kamar mandi secara rutin dan jaga toilet tetap kering untuk mencegah berkembangnya nyamuk penyebab demam berdarah.