Cara Mencegah Asma Kambuh dengan Hal yang Sederhana

Cara Mencegah Asma Kambuh dengan Hal yang Sederhana
Cara Mencegah Asma Kambuh dengan Hal yang Sederhana

Umur bukanlah faktor utama untuk memicu asma, apalagi jenis kelamin. Muda maupun tua, perempuan maupun pria; siapa saja dapat terkena penyakit asma. Makanya, penyakit pernapasan ini dapat ditemui di masyarakat luas.

Meskipun terbilang umum, penyakit asma sangatlah mengganggu dan berisiko tinggi untuk membahayakan jiwa. Bahkan, pada beberapa kasus kematian, ditemukan sejumlah catatan bahwa asmalah yang menjadi penyebab hilangnya nyawa seseorang.

Penyakit yang terjadi di dalam saluran pernapasan ini memiliki gejala-gejala tertentu, seperti batuk, peradangan, nyeri dada, sesak napas, dan lain-lain. Bermacam kondisi pun berisiko memicu penyakit asma. Cuaca ekstrem dan polusi merupakan dua di antaranya.

Baca Juga :   Fakta Resistensi Antibiotik, Dapat Menjadi Ancaman Kesehatan Global!

Akan tetapi, penyakit asma dapat dicegah, loh. Dengan melakukan beberapa cara pencegahan, Kamu bisa menikmati hidup yang lebih aman dari penyakit asma.

Apa saja caranya? Yuk, simak cara mencegah asma kambuh sebagai berikut!

Cara Mencegah Asma Kambuh

  1. Cermati Penyebab Asma

Berbagai hal dapat menjadi penyebab asma kambuh. Misalnya, uap kimia, debu, serbuk sari, alergi, suhu dingin, suhu panas, virus, asap, dan bulu hewan.

Bukan hanya faktor eksternal, kondisi tubuh pun ikut memengaruhinya, contoh demam dan penyakit pernapasan lainnya.

  1. Ketahui Jenis Asma
Baca Juga :   Beragam Fungsi Penting Vesikula Seminalis

Selain itu, Kamu pun harus mengetahui macam-macam asma. Beberapa di antaranya, yakni asma alergi, asma nonalergi, asma okupasional, dan asma orang dewasa.

Dengan mengetahui jenis asma serta penyebab asma yang memicunya, Kamu akan semakin tahu tindakan berikutnya yang tepat dilakukan untuk menghindari risiko asma kambuh.

  1. Jauhi Alergen

Bagi penderita asma alergi, wajib banget hukumnya untuk menjauhi alergen atau pemicu alergi yang menstimulan penyakit asma.

Hal ini mungkin merepotkan untuk dilakukan apabila alergen sering ditemukan di lingkungan sekitar. Misalnya buruh pabrik kayu penderita asma alergi yang alergennya serbuk kayu.

  1. Hindari Polusi Udara
Baca Juga :   Ketahui Apa Itu Robotic Spine Surgery

Sekarang ini, kondisi udara dunia tengah memburuk. Pasalnya, udara dicemari bermacam polusi, seperti asap. Meski begitu, Kamu tetap harus menjauhi polusi udara, ya.

Juga, tidak ada salahnya menggunakan masker penyaring udara atau surgical mask ketika menjalani kegiatan sehari-hari.

  1. Vaksinasi Tubuh

Vaksin memang terbuat dari bagian virus, namun bagian tersebut tidak akan membayakan tubuh. Malahan, tubuh akan semakin kuat untuk menyerang virus yang divaksinasikan.

Oleh karena itu, pemberian suntik vaksin pada seseorang akan meningkatkan resistensi atau daya tahan tubuh terhadap bermacam penyakit, termasuk penyakit yang berisiko memicu asma.