Cara Memperlancar Haid agar Datang Bulan Lebih Sehat

Cara Memperlancar Haid agar Datang Bulan Lebih Sehat
Cara Memperlancar Haid agar Datang Bulan Lebih Sehat

Cara Memperlancar Haid – Hai Kamu! Haid yang datang sekali sebulan memang kadang membuat kita gak nyaman, apalagi saat haid datang hanya setengah-setengah atau kurang lancar. Nah, kali ini, Tokopedia akan beri beberapa tips untuk ubah gaya hidup sehingga haid lebih lancar. Mau tahu apa saja tips memperlancar datang bulan alias haid? Langsung cek di bawah ini, yuk!

Cara Pelancar Datang Bulan

Kenali lebih jauh haid-mu
Sebelum kamu coba trik-trik perlancar haid di bawah, kenali dulu jenis haid-mu. Bagaimana warna dan tekstur darah haid yang keluar? Apa jumlahnya banyak? Atau mungkin sering spotting? Kalau udah yakin kondisi haid-mu yang sebenarnya, langkah memperlancar haid pun lebih mudah dijalani.

Baca Juga :   Pilihan Obat Sakit Kepala di Apotek

Hindari makanan tidak sehat
Gimana cara tahu suatu makanan itu tidak sehat? Biasanya, makanan yang fisiknya putih bersih itu kurang sehat, lho. Tepung putih, nasi putih, dan lain sebagainya sudah melalui berbagai proses sehingga nutrisi alaminya sudah kandas. Jadi, coba beralih ke makanan sehat seperti nasi merah dan kacang-kacangan ya, Kamu! Coba juga konsumsi dark chocolate yang kaya flavonoid untuk lancarkan sirkulasi darah.

Minum teh herbal secara rutin
Teh hangat kaya herbal selain memberi efek sejuk ke tenggorokan, ternyata juga bisa memperlancar haid-mu. Kandungan teh herbal seperti kayu manis, chamomile, dan jahe terbukti ampuh dalam mengatasi gejala PMS, mulai dari kram perut hingga rasa begah berkat efek anti-stres dari teh herbal.

Baca Juga :   Mengenal Lebih Jauh Tentang Prosedur Mikrodisektomi

Konsumsi lebih banyak protein
Konsumsi protein teratur akan menyeimbangkan hormon, dan hormon yang seimbang akan membuahkan haid yang lancar. Protein mentah seperti kacang almond, keju, sarden kalengan, dan telur rebus bisa menjadi opsi buatmu yang sibuk dan tidak sempat mengatur setiap detil konsumsi makanan. Selain memperlancar haid, protein juga dapat meningkatkan kesuburan rahim, lho.

Vitamin D
Ada 2 cara untuk dapatkan vitamin D, yakni dari makanan dan dari sinar matahari. Makanan seperti salmon, tuna, sarden, dan kuning telur adalah sumber baik untuk vitamin D. Tapi karena makanan-makanan di atas kadang susah dicari, sering-seringlah minum skim milk atau berjemur antara jam 8 hingga 10 di matahari pagi untuk dapatkan asupan vitamin D. Selain memperlancar haid, vitamin D juga akan melindungimu dari berbagai kanker berbahaya.

Baca Juga :   Waspadai Masalah Kesehatan Akibat Terlalu Sering Menatap Layar Komputer

Manfaatkan air hangat
Wanita yang sering menderita PMS menjelang haid pasti kenal betul dengan kompres air hangat yang kerap menemani saat kram perut menyerang. Nah, kompres ajaib ini memiliki fungsi tambahan untuk perlancar aliran haid. Caranya, kompres area bawah perut dengan air hangat selama 1 jam per hari. Darah kental yang menggumpal akan lebih cepat luruh dengan metode ini.