Cara Membuat Masker Kain Tanpa Mesin Jahit, Perca hingga Baju Bekas

Cara Membuat Masker Kain Tanpa Mesin Jahit, Perca hingga Baju Bekas

Dengan beredarnya virus Covid-19, penggunaan masker pun meningkat, sedangkan persediaan masker medis terus menipis. Karena itu, banyak masker medis ini disediakan untuk keperluan penting seperti orang yang dinyatakan sakit atau dokter.

Sedangkan untuk masyarakat sehat atau kebutuhan sehari-hari seperti belanja makanan, CDC menyarankan penggunaan masker wajah non-medis dari kain. Ingat, bahan masker kain tidak seefektif masker medis.

Jadi, pastikan tetap menjaga jarak atau social distancing dengan sesama untuk mencegah penyebaran virus.

  1. Masker dari Kain Perca dan Karet

Salah satu cara membuat masker kain tanpa mesin jahit (dan jarum pentul) adalah dengan menggunakan ikat rambut sehari-hari. Teknik ini sangat mudah dan hanya membutuhkan waktu pengerjaan satu menit, cocok kalau tiba-tiba butuh masker nih.

  1. Masker Kain dengan Jahit Tangan

Bagi Kamu yang tidak ada mesin jahit, kamu bisa menjahit sendiri dengan jarum dan benang jahit yang ada di rumah. Metode sederhana ini sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, tapi membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding mesin jahit.

Tentunya waktu pengerjaan tergantung dengan keterampilan masing-masing. Sebagai alternatif ikat sepatu, kamu bisa memotong kain dengan panjang 45 cm dan lebar 2 cm.

  1. Masker Kain dari Baju Bekas

Kalau Kamu ada baju yang sudah tidak dipakai, kamu bisa gunakan sebagai bahan dasar masker. Pastikan baju tersebut terbuat dari seratus persen kain katun. Gunakan metode ini sebagai alternatif terakhir, karena bahan baju yang tendensi meregang dan berlubang.

Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag . Tandai permalink.