Cara Ampuh untuk Mencegah Keracunan Alkohol

Cara Ampuh untuk Mencegah Keracunan Alkohol

Meski merasa “kuat minum”, kamu perlu waspada bahaya keracunan alkohol. Sebab, kondisi ini dapat mengancam jiwa. Penyebab utamanya adalah mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah besar dalam waktu singkat.

Keracunan alkohol dapat terjadi akibat meminum semua jenis alkohol, termasuk bir, wine, dan jenis minuman lainnya. Saat perut mencerna dan menyerap alkohol, zat ini akan memasuki aliran darah.

Meski hati dapat memecah alkohol, organ ini juga dapat kewalahan. Ketika kadar alkohol dalam darah terlalu tinggi, organ hati tidak dapat mengeluarkan racun dengan cukup cepat.

Baca Juga :   Memahami Penyebab Lemah Syahwat

Akibatnya, alkohol ekstra dalam aliran darah menjadi depresan, dan menurunkan fungsi normalnya. Dalam hal ini, memengaruhi bagian otak yang mengontrol fungsi vital tubuh, seperti pernapasan, detak jantung, tekanan darah, dan suhu tubuh.

Cara Mencegah Keracunan Alkohol
Karena berbahaya, kamu perlu tahu cara mencegah keracunan alkohol. Berikut ini beberapa upaya yang bisa kamu lakukan:

Jangan Minum Alkohol Berlebihan
Pilihan terbaik bagi kesehatan adalah tidak minum alkohol sama sekali. Namun, jika kamu masih ingin mengonsumsi minuman ini, minumlah dalam jumlah sedang atau secukupnya.

Baca Juga :   Gangguan Somatoform, Sakit Karena Stres

Untuk wanita dewasa dan pria di atas 65 tahun yang sehat, batas aman konsumsi alkohol adalah 1 gelas sehari. Sementara untuk pria di bawah usia 65 tahun, batas amannya adalah 2 gelas sehari.

Jangan Minum saat Perut Kosong
Untuk mencegah keracunan alkohol, pastikan perut tidak dalam keadaan kosong. Makanlah sedikit makanan sebelum minum, untuk memperlambat penyerapan alkohol. Meski begitu, ini tidak akan mencegah keracunan jika kamu minum berlebihan.

Jelaskan Bahaya Alkohol pada Remaja
Keracunan alkohol rentan terjadi pada remaja. Oleh karena itu, jelaskan pada anak remaja tentang bahaya alkohol, termasuk pesta minuman keras.

Baca Juga :   Efek Samping Cuci Darah yang Perlu Diketahui

Simpan Minuman Beralkohol dengan Aman
Jika kamu selalu memiliki stok minuman beralkohol, tapi ada anak kecil di rumah, pastikan untuk menyimpannya dengan aman. Artinya, jauhkan minuman ini dari jangkauan anak-anak. Misalnya dengan menyimpannya di tempat yang tinggi, atau terkunci rapat.