Cara Ampuh Mengatasi Telinga Berdengung
Cara Ampuh Mengatasi Telinga Berdengung

Penyebab dan Cara Mengobati Telinga Berdengung – Kuping berdengung bisa dirasakan dari anak kecil hingga orang dewasa.

Kondisi yang dalam dunia medis dikenal dengan tinnitus ini bisa dirasakan oleh kedua telinga sekaligus atau hanya sebelah saja.

Bunyi dengungan dapat terdengar secara singkat ataupun terus-menerus, dengan tingkat volume berbeda-beda.

Telinga berdengung mempunyai berbagai penyebab, mulai dari kotoran, efek obat-obatan, kandungan alkohol, hingga adanya infeksi.

Jika kamu mengalami hal ini, simak baik-baik penyebab telinga berdengung dan cara ampuh mengatasinya!

Penyebab Telinga Berdengung

  1. Kotoran Telinga yang Menumpuk

Penumpukan kotoran di telinga bisa menjadi penyebab utama telinga berdengung sebelah ataupun keduanya. Kotoran pada telinga yang menumpuk dapat kemampuan mendengar berkurang dan timbulnya dengungan.

Hal ini bisa terjadi karena udara yang masuk ke dalam telinga menjadi tersumbat dan susah keluar. Dengan begitu, timbul lah bunyi dengungan.

  1. Konsumsi Obat-obatan
Baca Juga :   Ketahui Efek Samping Kuret dan Bahayanya

Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan dengan dosis yang berlebih, hal itu juga dapat memicu masalah pada kuping. Oleh karena itu, konsumsi lah obat jika memang diperlukan.

Karena mengonsumsi obat-obatan secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, konsultasikan juga dengan dokter dan ikuti semua arahannya.

  1. Aliran Darah Tidak Lancar

Jika kamu mengalami gangguan pada aliran darah, hal ini juga dapat memicu gangguan pada telinga. Untuk menjaga aliran darah dalam tubuh selalu lancar, coba lah untuk selalu rutin olahraga minimal dua kali seminggu.

  1. Minuman Beralkohol dan Berkafein

Minuman yang beralkohol bukan hanya tidak baik untuk kesehatan tubuh, kita tapi juga dapat menyebabkan masalah pada telinga. Selain alkohol, minuman berkafein seperti kopi juga bisa menimbulkan masalah pada alat pendengaran.

  1. Cedera
Baca Juga :   Kesalahan saat Sarapan yang Justru Bikin Tambah Gemuk

Jika telinga mengalami benturan atau terkena benda berat hal ini juga dapat menyebabkan kuping berdengung. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menghindari benturan pada organ yang rentan cedera ini.

Cara Mengobati / Mengatasi Telinga Berdengung

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab telinga berdengung, jangan panik. Kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut untuk menguranginya:

  1. Hindari Suara Terlalu Keras

Seperti yang telah disinggung di atas, jika kamu hobi mendengarkan musik saat bekerja atau pun belajar. Hindari volume suara yang terlalu keras. Selain itu, jauhi sumber suara keras seperti panggung konser atau hal lainnya.

  1. Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Jika mengalami gangguan pada telinga, rutin lah untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang baik bagi organ tubuh ini. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3, vitamin D, asam folat, magnesium serta vitamin C dan vitamin D.

  1. Rajin Membersihkan Telinga
Baca Juga :   Level Hematokrit Rendah, Ini Penyebabnya

Salah satu hal yang menimbulkan dengungan pada telinga adalah karena alat pendengaran ini tersumbat kotoran. Untuk itu, rajin lah untuk membersihkan telinga.

Tapi jangan terlalu sering, karena pada dasarnya organ ini mampu memproduksi minyak untuk membersihkan dirinya sendiri.

  1. Hindari Penggunaan Obat-obatan

Jika kamu menderita penyakit tertentu, konsultasikan lah dengan dokter obat yang sekiranya aman dan tidak mengganggu kesehatan telinga.

  1. Kurangi Stres

Apabila kamu sangat sibuk karena pekerjaan setiap harinya, jangan lupa untuk me-refresh otak agar tidak stres. Atasi stres dengan melakukan hobi atau kegiatan menyenangkan lain di luar kantor.