Cara Ampuh Hilangkan Karang Gigi secara Alami

Cara Menghilangkan Karang Gigi – Pada dasarnya penyebab karang gigi adalah karena penumpukan plak mengeras dan melapisi bagian-bagian pada gigi. Plak gigi sendiri terbentuk akibat sisa makanan dan protein yang bercampur dengan bakteri di dalam mulut. Hal ini timbul jika kamu sering melupakan sikat gigi.

Plak dapat membawa bakteri yang bisa merusak enamel gigi, hingga menyebabkan rongga dan kerusakan gigi permanen serta penyakit gusi dan mulut. Untuk itu, meski kedengarannya sepele, hal ini dapat mengganggu kenyamanan hidup sehari-hari jika dibiarkan terus-menerus.

Menghilangkan karang gigi secara cepat adalah ke dokter gigi tentunya. Tapi, kamu juga bisa melakukannya sendiri secara alami. Berikut ini rekomendasi cara menghilangkan karang gigi yang ampuh dan alami!

Penyebab Karang Gigi
Karang gigi adalah plak yang mengeras pada daerah gigi, terbentuk dari zat kapur dan plak, terdapat dalam air liur. Umumnya, plak terbentuk oleh sisa makanan dan bakteri terdapat di mulut dan tidak dibersihkan.

Nah, penyebab karang gigi paling umum adalah makanan tersisa dan tidak segera dibersihkan. Sisa-sisa makanan menjadi keras karena sedimentasi dari mineral, terdapat pada air liur.

Jika sisa makanan dibiarkan saja dan tidak dibersihkan, maka lama kelamaan akan terbentuk karang gigi. Tak hanya karena sisa makanan, penyebab karang gigi juga karena menyikat gigi dengan cara tidak benar, meninggalkan sisa makanan dalam mulut.

Selain itu, penyebab karang gigi adalah tidak menyikat gigi setelah makan. Tapi, bukan berarti karena kamu sering menyikat gigi kamu jadi bisa rentan dari karang gigi ya! Mengonsumsi makanan dengan kandungan gula dan tepung tinggi, serta teh, kopi dan rokok juga bisa membuat gigi rentan memiliki karang gigi.

Kamu tidak boleh menganggap remeh karang gigi, karena dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan gigi, seperti bau mulut kurang sedap, gigi keropos, gigi berlubang, dan penyakit berbahaya dan mengganggu lainnya.

Karena itulah, kamu harus rajin merawat gigi dan membersihkan gigi dari karang gigi. Bagaimana caranya? Akan dijelaskan pada bagian di bawah!

Cara Menghilangkan Karang Gigi secara Alami

  1. Jangan Pernah Lewatkan Menyikat Gigi
    Cara ini memang sudah menjadi hal utama mengatasi segala macam penyakit gigi terutama karang gigi. Kamu pasti sudah tahu bahwa memang dianjurkan untuk menyikat gigi dengan merk pasta gigi terbaik minimal dua kali sehari.

Pastikan kamu rutin melakukan hal ini, karena jika sekali terlewat saja, akan menimbulkan plak pada gigimu. Apalagi jika di hari itu kamu banyak mengonsumsi makanan manis.

  1. Sempurnakan dengan Mouthwash
    Sehabis sikat gigi lebih agar lebih efektif adalah dengan menggunakan mouthwash. Hal ini dilakukan untuk tambahan dan cara menghilangkan ekstra setelah menyikat gigi dengan pasta gigi.
  2. Hindari atau Kurangi Rokok
    Pasti sudah paham bahaya merokok selain dapat memicu segala jenis penyakit yang mematikan. Selain penyakit dalam, zat-zat berbahaya yang ada dalam rokok dapat menimbulkan karang gigi.

Bahkan, karang gigi yang ditimbulkan dari merokok jauh lebih sulit dibersihkan dibandingkan dengan karang gigi yang dihasilkan oleh sisa-sisa makanan.

  1. Gunakan Baking Soda
    Cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda adalah dengan membuatnya sebagai pasta gigi. Baking soda dapat menghilangkan dan memutihkan gigi kamu dengan cepat.

Menggunakan baking soda juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras.

  1. Manfaatkan Daun Sirih
    Selain baking soda daun sirih juga bisa menghilangkan karang gigi dan bau mulut. Cukup ambil selembar daun sirih, kamu juga bisa tambahkan satu batang cengkeh juga. Haluskan sedikit, lalu kunyah.
Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag . Tandai permalink.