Cara Agar Biaya Persalinan Ditanggung BPJS Kesehatan

Cara Agar Biaya Persalinan Ditanggung BPJS Kesehatan
Cara Agar Biaya Persalinan Ditanggung BPJS Kesehatan

Selain mempersiapkan mental dan fisik, ibu yang berencana melahirkan anak wajib mempersiapkan biaya persalinan.

Untungnya, saat ini Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan telah menjamin semua jenis persalinan, baik normal maupun melalui prosedur operasi caesar. Dengan demikian, beban calon orangtua jadi lebih berkurang.

Nah, apa saja hal yang perlu dipersiapkan ibu hamil agar dapat melahirkan dengan BPJS kesehatan? Dan bagaimana prosedurnya? Baca penjelasan selengkapnya di bawah.

Lakukan Pemeriksaan di Faskes 1

Saat ini, faskes tingkat 1 seperti klinik, puskesmas, dan dokter praktek yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sudah dapat melayani pemeriksaan kandungan rutin bahkan melahirkan normal.

Baca Juga :   Ketahui Apa Itu Robotic Spine Surgery

BPJS juga mengimbau peserta yang ingin melahirkan menggunakan BPJS untuk melakukan pemeriksaan kandungan di faskes 1.

Namun, jika terdapat kelainan atau kehamilan dengan risiko tinggi, barulah kamu akan dirujuk ke rumah sakit.

Pemeriksaan di Rumah Sakit

Perlu dicatat bahwa surat rujukan berlaku selama satu bulan dengan maksimal tiga kali pemeriksaan di RS.

Seperti yang dijelaskan di atas, apabila terdapat indikasi medis, dokter akan memberikan surat rujukan untuk pemeriksaan USG di faskes 2.

Setelah kamu melakukan pendaftaran di rumah sakit dengan beberapa dokumen penting yang dipersiapkan, kamu akan mendapatkan fasilitas pemeriksaan dengan USG. Layanan USG diberikan bagi semua peserta BPJS Kesehatan yang membutuhkan.

Baca Juga :   Kenali Risiko Berbahaya Akibat Patah Tulang Rusuk

Layanan USG hanya dapat dilakukan satu kali saja hingga proses melahirkan nanti. Apabila terdapat biaya yang timbul, maka biaya akan menjadi tanggungan pribadimu, Toppers.

Proses Persalinan

Nah, untuk layanan persalinan, seperti sudah disinggung di atas, seluruh biaya persalinan baik normal maupun caesar akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Apabila datang dalam keadaan ingin melahirkan, peserta BPJS bisa langsung menuju ruang melahirkan dengan petunjuk petugas di faskes tingkat 1.

Lantas apa saja syarat yang harus dilengkapi? Tenang saja Toppers, ibu hamil dalam keadaan darurat tidak memerlukan surat rujukan, sehingga kamu dapat langsung mendatangi ruang persalinan.

Baca Juga :   Hindari Buah Ini Agar Beruntung Saat Ikutan Tap-Tap Mantap

Rujukan Operasi Caesar

Dalam kondisi di mana peserta BPJS tidak dapat menjalani persalinan secara normal dan harus melahirkan dengan operasi caesar, proses operasi tidak dapat dilakukan di faskes 1, melainkan harus dirujuk ke rumah sakit.

Jika seluruh dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap, biaya persalinan melalui operasi caesar akan ditanggung seluruhnya oleh BPJS Kesehatan.

Keputusan opersai caesar juga harus ditetapkan oleh dokter atau bidan yang menangani ibu hamil di fakses 1.