Bertahan atau Dipecat, Nasib Shin Tae-yong di Tangan Indra Sjafri

PSSI tengah melakukan evaluasi pada kinerja Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia. Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, bakal mengambil peran penting dalam evaluasi pelatih asal Korea Selatan itu.

PSSI memang telah menjadwalkan evaluasi kinerja Shin Tae-yong. Rapat evaluasi Shin Tae-yong dilakukan buntut dari kegagalan Timnas Indonesia menjuarai Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia tersingkir di babak semifinal Piala AFF 2022 setelah kalah agregat 0-2 dari Vietnam. PSSI telah mengutus Indra Sjafri untuk berdiskusi dengan Shin Tae-yong.

“Kami meminta Dirtek PSSI yang berkomunikasi dan berdiskusi dengan Shin Tae-yong,” ujar Sekjen PSSI, Yunus Nusi di GBK Arena, Kamis (12/1/2023) malam WIB.

PSSI Tunggu Laporan Indra Sjafri
Lantas, bagaimana dengan nasib Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia? Apakah masa depan arsitek asal Korea Selatan itu masih aman atau bahkan sebaliknya?

Yunus Nusi mengatakan bahwa Indra Sjafri akan melaporkan hasil rapat evaluasi terhadap Shin Tae-yong kepada Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

“Itu nanti akan ada laporan dari Dirtek yang akan disampaikan kepada Exco hasil diskusi dan laporan dengan Shin Tae-yong,” imbuh Yunus Nusi.

Mungkinkah PSSI Depak Shin Tae-yong?

Apakah ada kemungkinan kontrak Shin Tae-yong yang masih tersisa sebelas bulan lagi diputus PSSI di tengah jalan akibat tidak mampu membawa Timnas Indonesia berprestasi di Piala AFF 2022?

“Itu setelah nanti kami melihat dari Dirtek berdasarkan laporan ke Exco. Nanti kami menunggu hasil dari Dirtek,” ucap Yunus Nusi.

Shin Tae-yong melatih Timnas Indonesia, termasuk kategori usia, mulai 2020 lalu. Dia masih punya kontrak hingga akhir 2023. Sejauh ini, Shin Tae-yong belum memberikan gelar juara akan tetapi membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 pada level senior dan U-20.

Gagal, Shin Tae-yong Out!

Pada hari Kamis (12/1/2023), Exco PSSI mengadakan rapat terkait lanjutan kompetisi Liga 2 2022/2023. Salah satu keputusan yang diambil adalah tidak dilanjutkannya Liga 2 2022/2023 dan tidak ada degradasi untuk BRI Liga 1 2022/2023.

Awalnya, rapat tersebut juga diprediksi akan membahas nasib Shin Tae-yong. Akan tetapi, salah satu anggota Exco PSSI, Juni Rahman, memastikan bahwa tidak ada pembahasan soal masa depan Shin Tae-yong.

Meskipun begitu, Juni Rahman sempat memberi komentar menarik soal Shin Tae-yong. Sambil bercanda, dia menyebut Shin Tae-yong harusnya keluar. “Oh ya, gagal out-lah,” kata Juni Rahman seperti dikutip dari Kumparan.

Tulisan ini dipublikasikan di Olahraga dan tag . Tandai permalink.