Beberapa Tempat Snorkeling Wajib Coba Liburan Ini

Beberapa Tempat Snorkeling Wajib Coba Liburan Ini
Beberapa Tempat Snorkeling Wajib Coba Liburan Ini

Tempat Snorkeling Wajib Coba Liburan Ini – Jelang libur panjang akhir tahun, sudahkah kamu menentukan tujuan wisata? Untuk pecinta pantai, ada banyak tempat-tempat snorkeling spektakuler di Indonesia yang bisa jadi destinasi liburan. Kita patut bersyukur karena Indonesia dianugerahi ratusan pantai dengan sajian alam bawah laut luar biasa, Toppers. Air jernih, terumbu karang banyak, jenis ikan bervariasi, serta arus tak terlalu kencang jadi syarat utama tempat snorkeling asyik. Nah, ini dia daftar tempat snorkeling yang keindahannya diakui banyak turis domestik maupun mancanegara!

Pulau Menjangan, Bali

Pulau Menjangan masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Bali Barat. Lokasinya sangat mudah dijangkau karena tidak jauh dari pelabuhan Gilimanuk. Siapapun yang pernah mengunjungi Pulau Menjangan pasti setuju bahwa tempat snorkeling satu ini termasuk snorkeling spot terbaik di Bali. Pantainya berpasir putih halus, airnya jernih, arusnya tenang, dan pemandangan bawah lautnya pun luar biasa. Atraksi utama kehidupan bawah laut Pulau Menjangan adalah ratusan terumbu karang lunak habitat para plankton, ikan, dan binatang laut warna-warni lain.

Baca Juga :   Tempat Wisata di Malaysia yang Wajib Kamu Kunjungi

Pulau Togean, Sulawesi

Air laut di Pulau Togean sangat jernih dan transparan, menjadikannya tempat snorkeling ideal karena kamu bisa melihat pergerakan ikan-ikan kecil di antara ratusan terumbu karang tanpa harus menyelam jauh-jauh. Pulau Togean belum terlalu ramai didatangi turis, oleh karena itu, pengunjung dapat menikmati keindahan alam bawah laut Togean dengan tenang. Spot snorkeling favorit di Togean adalah Pulau Jellyfish, Pantai Taifi, dan Pantai California. Di Pulau Jellyfish, kamu bisa berburu para rare stingless Jellyfish yang lucu-lucu!

Pulau Bunaken, Manado

Baca Juga :   Beberapa Tempat Wisata Terbaik di Parung Bogor, Cocok untuk Rileks dan Kulineran

Taman Nasional Bunaken dinobatkan sebagai salah satu World Heritage Site oleh UNESCO di tahun 2005. Spektakulernya alam bawah laut Bunaken sudah tak diragukan lagi oleh para komunitas divers dunia. Kondisi karang-karang yang ada di Bunaken sangat sehat dan bervariasi, airnya pun hangat dan cukup jernih. Saat snorkeling di sore hari, kamu bisa menemukan spesies-spesies langka seperti blue spotted stingrays, moray eels, bahkan reef octopus. Kalau beruntung, kamu bahkan bisa melihat dugong mengintip di balik rumput-rumput laut saat air sedang pasang.

Pulau Karimun Jawa, Jawa Tengah

Siapa yang tidak tahu Pulau Karimun Jawa? Tempat snorkeling satu ini jadi favorit banyak kalangan karena lokasinya ada di seberang Jepara, tak jauh dari Pulau Jawa. Pantai pasir putih, air berwarna hijau turquoise, dan pemandangan bawah laut yang memukau jadi alasan utama turis berkunjung ke sini. Beberapa snorkeling spot utama di Karimun Jawa adalah Menjangan Island, Central Island, Big Pine Island, dan Small Island (Pulau Kecil). Setiap spot punya keistimewaannya sendiri. Kamu pun boleh membagikan remah-remah roti halus untuk memanggil para ikan-ikan yang ada di tempat snorkeling ini.

Baca Juga :   Tujuan Wisata di Madura untuk Liburan Hits

Pulau Macan, Kepulauan Seribu

Pulau Macan letaknya hanya 85 kilometer dari Jakarta Utara, tepatnya di Kepulauan Seribu. Tempat snorkeling ini adalah tempat ideal untuk liburan sejenak di akhir pekan karena lokasinya amat terjangkau. Pantai pasir putih, taman karang berwarna-warni, serta pemandangan yang menenangkan, semua ada di sini. Untuk menuju Pulau Macan, turis hanya perlu naik kapal feri kecil selama kurang lebih 90 menit dari pelabuhan Marina, Ancol.