Beberapa Cara Berhenti Merokok

Beberapa Cara Berhenti Merokok
Beberapa Cara Berhenti Merokok

Kita semua pasti udah tahu bahaya rokok terhadap kesehatan. Gak hanya perokok yang beresiko terkena kanker, tapi juga orang disekitarnya yang menghirup asap. Maka dari itu, selamat bagi kamu yang memutuskan berhenti! Yuk, ikuti beberapa kiat di bawah ini untuk mempermudah transisimu ke hidup yang lebih sehat.

Tips Cara Berhenti Merokok

Jujur dengan diri sendiri
Langkah pertama untuk berhenti merokok adalah kamu harus tahu alasan untuk berhenti. Baik itu karena ingin jaga kesehatan, atau ingin menjalani hidup lebih lama, harus senantiasa mengingatkan diri. Jadi, cara berhenti merokok yang pertama yakni dengan jujur dengan diri sendiri, berapa batang yang biasa dikonsumsi setiap harinya. Dengan ini, progress akan lebih terlihat seiring proses berhenti merokok berjalan.

Baca Juga :   Kaki Kram Saat Tidur, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tetapkan tanggal mulai
Memang kedengarannya ideal untuk segera berhenti merokok besok. Tapi Toppers, kadang berhenti terlalu cepat gak efektif, dan malah membuat proses berhenti gagal. Jadi, tetapkan tanggal mulai berhenti setidaknya 4 hari hingga seminggu untuk persiapkan diri secara mental dan fisik.

Mulai sedikit demi sedikit
Umpamanya dalam satu hari kamu merokok sebanyak 5 batang. Berhenti merokok dengan cara cold turkey atau berhenti sama sekali sering tidak efektif karena godaan merokok yang masih terlalu besar. Maka itu, mulai berhenti sedikit demi sedikit dengan kurangi merokok satu batang per minggu. Lama kelamaan, keinginan merokok akan makin menipis, kok.

Baca Juga :   Ketahui Fungsi Tulang Rusuk dan Gangguan yang Dapat Terjadi

Minta bantuan teman
Coba cari temanmu yang bukan perokok dan ajak dia untuk membantumu di perjalanan ini. Di hari-hari pertama yang berat, temanmu ini akan bantu kamu menahan diri agar niat berhenti merokok-mu gak goyah.

Manfaatkan permen karet
Daripada frustrasi karena ingin merokok, alihkan keinginan menghisap rokok dengan permen karet. Permen karet yang menyibukkan mulut dan gigi akan mengalihkan otakmu dari rokok, sehingga mempermudah proses berhenti merokok.

Sibukkan diri
Kembali ke poin cara berhenti merokok ke-4. Langkah cara berhenti merokok yang sulit adalah pikiran kamu yang terus-terusan memikirkan rokok. Jadi, konsul langsung sama temanmu yang bukan perokok dan ajak dia untuk beraktivitas seperti gaming atau bersepeda bareng yang akan ampuh alihkan pikiran kamu dari rokok.

Baca Juga :   Ini Perbedaan Berpikir Kritis dan Overthinking

Lakukan spring cleaning
Untuk benar-benar komitmen dengan berhenti merokok, langkah ini memang kedengarannya sulit. Mau gak mau, kamu harus singkirkan segala hal yang mengingatkan terhadap rokok, mulai dari korek, asbak, hingga batang-batang rokok yang masih tersisa. Setelah langkah ini selesai, gak akan ada lagi apapun yang mengingatkan kamu terhadap rokok, sehingga proses berhenti pun jadi mudah!