Alasan Mengapa Kamu Perlu Memiliki Asuransi

Manfaat Asuransi – Asuransi adalah sebuah perjanjian di mana perusahaan asuransi bersedia menanggung kerugian yang dialami nasabah bila terjadi sesuatu, seperti kematian, kecelakaan, atau jatuh sakit. Sebagai syarat, nasabah harus membayar premi terlebih dahulu.

Pada dasarnya, manfaat asuransi adalah sebagai pengaman di masa depan. Selain itu, masih banyak manfaat asuransi lainnya. Sayangnya, banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki asuransi karena berbagai alasan, di antaranya tidak mengerti ,tidak tertarik, hingga kurang memahami manfaat dari Asuransi. Oleh karena itu, kali ini Tokopedia akan mengupas lebih dalam tentang keuntungan dan manfaat asuransi.

Manfaat Memiliki Asuransi
Rasa Aman
Manfaat asuransi yang paling mendasar adalah memberikanmu rasa aman. Bila sudah terdaftar dalam asuransi kecelakaan, kematian, atau kesehatan, kamu akan merasa lebih aman bila peristiwa tak diinginkan tersebut terjadi. Mengapa? Karena kamu tak harus memikirkan bagaimana cara menanggung kerugian atau pembayaran yang dibutuhkan. Semuanya akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi.

Efisiensi Atur Dana
Seyogyanya, setiap keluarga atau individu sudah memiliki dana tak terduga untuk digunakan pada saat-saat darurat. Pos dana tersebut mungkin terbagi-bagi lagi, dari mulai dana tak terduga kesehatan, dana tak terduga pendidikan, dana tak terduga kematian/kecelakaan, dan lain-lain. Fungsi Asuransi pada saat-saat seperti ini adalah menjadi cadngan untuk dana-dana tak terduga seperti itu. Dengan mendaftarkan diri pada asuransi, kamu tak perlu kerepotan mengatur arus uang masuk-keluar pada pos dana-dana tak terduga tersebut. Semuanya sudah diatur oleh pihak perusahaan asuransi.

Tabungan Masa Tua
Banyak yang tak memahami jika manfaat asuransi juga bisa sebagai tabungan. Pada beberapa produk asuransi jiwa tertentu, bila kematian belum terjadi, dana akan dikembalikan pada nasabah setelah mencapai tahun yang disepakati. Atau, nasabah juga dapat meminta pengembalian dana sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat. Jumlah dana dikembalikan biasanya lebih besar dari premi yang dibayarkan. Hal ini bisa digunakan sebagai tabungan hari tua atau tabungan masa pensiun, sehingga kamu tak perlu bergantung pada anak atau keluarga besar.

Memberi Perlindungan
Manfaat asuransi lainnya adalah memberi perlindungan bagi nasabah. Perusahaan asuransi yang baik akan merangkul dan membantu nasabah bila terjadi suatu musibah, agar nasabah terlindung dari berbagai macam kerugian yang mungkin terjadi.

Bantuan bagi Keluarga
Bila sesuatu terjadi padamu secara mendadak, seperti misalnya jatuh sakit atau kematian, sedangkan keluargamu tidak memiliki persiapan finansial apa-apa untuk menghadapinya, apa yang akan terjadi? Kemungkinan besar mereka akan merasa kebingungan. Belum lagi bila kamu adalah sumber penghasilan keluarga. Saat seperti inilah manfaat Asuransi dibutuhkan. Dengan memiliki asuransi, hal ini tak perlu terjadi. Kegunaan asuransi adalah memastikan istri atau anak-anak tetap mempunyai sumber dana untuk bertahan hidup bila tulang punggung keluarga mengalami musibah.

Menjamin Gaji
Suatu badan usaha yang baik harus memiliki asuransi. Fungsi asuransi badan usaha adalah menjamin keuangan perusahaan bila suatu saat perusahaan tersebut mengalami masalah keuangan atau pailit. Dengan begitu, karyawan akan tetap mendapatkan haknya, yakni gaji atas kerja mereka. Bagaimana, apakah perusahan tempatmu bekerja dijamin oleh asuransi, Toppers?

Pinjaman ke Bank Lebih Mudah
Bank biasanya memberikan banyak prasyarat sebelum nasabah dapat mengajukan pinjaman. Bila kamu diketahui terdaftar dalam suatu asuransi, pihak bank biasanya akan lebih mudah mengizinkanmu mengajukan pinjaman dengan asuransi sebagai jaminannya.

Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag . Tandai permalink.